Selamat datang di Blog ini

Menebar Dakwah Salafiyyah, Ahlus Sunnah wal Jamma'ah

Minggu, 03 April 2011

Takut Gangguan Jin

Tanya:
Ustadz, langsung saja mohon penjelasan ustadz tentang rasa takut terhadap gangguan Jin, apakah ini termasuk kesyirikan, ataukah sebagai perilaku normal?

Jawab:
Hal ini perlu dirinci, jika rasa takutnya normal dan alami maka hukumnya tidak mengapa. Maksud rasa takut alami adalah rasa takut, andai ditakut-takuti oleh jin. Ini bukan termasuk kemusyrikkan. Namun rasa takut yang alami itu harus memiliki faktor penyebab yang jelas. Oleh karena itu jika orang yang merasa takut kepada jin tanpa sebab apapun tapi hanya sekedar takut kepada jin tanpa alasan yang jelas mendasari rasa takut tersebut, maka tidak diragukan lagi bahwa ini termasuk syirik kecil, dan boleh jadi menjadi syirik besar tergantung keadaan. Rasa takut yang bernilai syirik besar, adalah rasa takut yang tersembunyi (siri) artinya, merasa takut andai jin menimpakan bahaya kepadanya dengan kemampuan jin tersebut, tanpa adanya faktor penyebab apapun. Padahal hal tersebut hanya mampu dilakukan oleh Allah Ta’ala.

Misalnya merasa takut, kalau jin itu akan membunuhnya tanpa sebab yang jelas, namun dengan sesuatu yang tersembunyi sebagaimana mati karena di takdirkan oleh Allah untuk meninggal maka ini adalah kesyirikan. (lihat Syarah Kasyfu Syubhat, Syaikh Shalih Alu Syaikh hal 36)

Artikel www.ustadzaris.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar