Selamat datang di Blog ini

Menebar Dakwah Salafiyyah, Ahlus Sunnah wal Jamma'ah

Kamis, 10 Januari 2013

09 MASUK MASJID SEHABIS MAKAN BAWANG MERAH, BAWANG PUTIH ATAU SESUATU YANG BERBAU TAK SEDAP (Dosa-dosa Yang Dianggap Biasa)

Allah berfirman, “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid… (Al-A’raf: 31)
Jabir radhiallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Barangsiapa makan bawang putih atau bawang merah hendaknya ia menjauhi kami. Atau beliau bersabda, hendaknya ia menjauhi masjid kami dan diam di rumahnya.”( Hadits riwayat Al-Bukhari, lihat Fathul Bari, 2/339.)
Dalam riwayat Muslim disebutkan,
“Barangsiapa makan bawang merah, bawang putih dan bawang bakung, maka janganlah mendekati masjid kami. Sesungguhnya malaikat merasa tergangggu dengan sesuatu yang anak Adam merasa terganggu dengannya.”( Hadits riwayat Muslim, 1/395.)

Suatu ketika, Umar bin Khaththab radhiallahu ‘anhu berkhutbah Jum’at, dalam khutbahnya ia berkata,
“…kemudian kalian wahai manusia, memakan dua pohon yang aku tidak memandangnya, kecuali dua hal yang buruk (baunya), yakni bawang merah dan bawang putih. Sungguh aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila mendapatkan bau keduanya dari seseorang di dalam masjid, beliau memerintahkan orang tersebut keluar ke padang luas. Karena itu, barangsiapa memakannya hendaknya mematikan (bau) keduanya dengan memasaknya.” (Hadits riwayat Muslim, 1/396.)
Termasuk dalam hal ini adalah mereka yang langsung masuk masjid usai bekerja, lalu ketiak dan kaos kaki mereka menyebarkan bau tak sedap.
Lebih buruk dari itu adalah orang-orang yang membiasakan diri merokok yang hukumnya adalah haram. Kemudian mereka masuk masjid dan menebarkan bau yang mengganggu hamba-hamba Allah, para malaikat dan mereka yang shalat.
(Dari kitab “Muharramat Istahana Bihan Naas” karya Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Munajjid / alsofwah)
http://www.kajianislam.net/2009/03/09-masuk-masjid-sehabis-makan-bawang-merah-bawang-putih-atau-sesuatu-yang-berbau-tak-sedap/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar