Selamat datang di Blog ini

Menebar Dakwah Salafiyyah, Ahlus Sunnah wal Jamma'ah

Jumat, 05 November 2010

Buku-buku yang direkomendasikan oleh Imam al-Albani

Buku-buku yang direkomendasikan oleh Imam al-Albani

Al-Muhaddits Al-‘Allamah Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani rohimahullohu Ta’ala berkata :
“Aku nasehatkan kepada setiap penuntut ilmu syar’i yang masih pemula, agar membaca buku Fiqhus Sunnah karya Sayyid Sabiq dalam bidang fiqh, dengan dibantu membaca sebagian referensi fiqh lainnya, semisal Subulus Salam (karya ash-Shon’ani, pent.). Akan lebih baik lagi dan lebih mantap apabila disertai dengan menelaah buku Tamamul Minnah (karya Syaikh al-Albani yang mengoreksi buku Fiqhus Sunnah, pent.), demikian pula aku menganjurkan untuk membaca buku ar-Roudhotun Nadiyyah (karya Shiddiq Hasan Khon, pent.).



Dalam bidang tafsir, hendaklah ia membiasakan diri dengan membaca buku Tafsir al-Qur`an al-Azhim karya al-Hafizh Ibnu Katsir, meskipun pada beberapa pembahasannya sangat panjang, namun buku ini adalah buku tafsir yang paling shahih di zaman ini.
Adapun buku yang berkaitan dengan peringatan dan anjuran untuk melunakkan hati, maka hendaklah ia membaca buku Riyadhus Shalihin karya Imam an-Nawawi. Sedangkan dalam bidang aqidah, hendaklah ia membaca buku Syarh ‘Aqidah ath-Thohawiyah karya Ibnu Abil Izz al-Hanafi yang dibantu dengan komentar dan catatan kaki serta catatan-catatan dariku.
Kemudian, hendaklah ia membiasakan diri dengan mempelajari karya-karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya, Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah rahimahumallohu secara umum. Karena aku percaya bahwa mereka berdua termasuk jajaran ulama kaum muslimin yang langka yang telah meniti manhaj as-Salaf ash-Shalih disertai dengan ketakwaan dan keshalihan, sedangkan kami tidak mensucikan seorang pun di hadapan Alloh Azza wa Jalla.”

[Dinukil dari Muhadditsul ‘Ashri Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullohu karya Syaikh Samir bin Amin az-Zuhairi, hal. 73.]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar