Selamat datang di Blog ini

Menebar Dakwah Salafiyyah, Ahlus Sunnah wal Jamma'ah

Rabu, 14 Desember 2011

Ada apa di Darul Hadits Dammaj

بسم الله الرحمن الرحيم
Sebagai gambaran sekilas tentang keadaan di sekitar Darul Hadits Dammaj, berikut laporan pandangan mata :

KOMPLEK MA’HAD DARUL HADITS DAMMAJ
  1. Bangunan Mesjid 3 Lantai
    Lantai dasar difungsikan sebagi tempat tinggal santri yang belum berkeluarga, Lantai 1 berfungsi sebagai mesjid adapun lantai 2 terbagi beberapa fungsi yaitu Perpustakaan umum, Musholla wanita, ruang kesehatan dan ruang terbuka untuk menggelar sebagian pelajaran.
  2. Bangunan WC 3 lantai ( 63 Pintu)
  3. Bangunan 2 lantai disisi kiri Mesjid, Lantai 1 terbagi menjadi 2 ruangan belajar utnuk anak-anak dilengkapi dengan kursi dan meja dan lantai dua adalah ruangan kosong untuk menggelar sebagian pelajaran dan mengadakan pertemuan.
  4. Bangunan 3 Lantai di Arah Kiblat Mesjid, Lantai dasar adalah Dapur dan gudang makanan, Lantai 1 terbagi menjadi ruang tamu dan tasjilat Ma’had sedangkan lantai 2 difungsikan tempat tinggal santri.
  5. Ruang keamanan untuk Kabilah Wadi’i
SEKITAR MA’HAD DARUL HADITS DAMMAJ
  1. Rumah Syaikh Yahya bin Ali Al Hajuuri Hafidhahullah
  2. Rumah Syaikh Ahmad Al Wushobi Hafidhahullah
  3. Warung Internet (Warnet)
  4. Warung Telekomunikasi (Wartel)
  5. Counter Handphone
  6. Buah Toko Obat
  7. Poliklinik Milik Pemerintah Yaman
  8. Tempat berobat milik santri
  9. Toko Kitab
  10. Toko Bangunan dan Alat Rumah Tangga
  11. Rumah Makan
  12. Belasan Penjaja Makanan kecil
  13. Toserba (Elektronik, Pakaian, Sandal, Alat tulis dll)
  14. Toko Peralatan tidur dan Pakaian
  15. Kios Penjual Sayur dan Buah-buahan
  16. Kios Penjual Ayam Potong
  17. Penjual Ikan
  18. Kios Barang produk dari Indonesia
  19. Binatu (Laundry)
  20. Tempat Pangkas Rambut
  21. Tempat Servis Elektronik
  22. Toko Semabako dan Sandang Pangan
  23. Toko Madu
Gambaran kami ketika datang kesini hampir dua tahun yang lalu tentang Dammaj yang terbelakang, minim fasilitas serta susahnya mendapatkan barang kebutuhan ternyata juga masih menghinggapi ikhwan-ikhwan yang baru datang, dan tampaknya seperti itu pulalah yang masih menjadi anggapan sebagian besar Salafiyyin di Indonesia.Padahal Dammaj saat ini bukanlah Dammaj lima tahun yang lalu atau bahkan setahun yang lalu, Dammaj begitu cepat berubah… tahun lalu tak ada… hari ini telah ada.. kemarin belum ada, sore nanti sudah tersedia…..
Oleh sebab itu kami akan gambarkan secara global apa-apa yang ada di Dammaj dengan tujuan untuk merubah anggapan tentang Dammaj yang terbelakang yang selama ini telah menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Sehingga mudah-mudahan para orangtua tidak lagi berat melepaskan anak-anaknya untuk berangkat kesini dan juga agar memudahkan ikhwan-ikhwan yang berangkat kesini untuk mengetahui apa yang perlu mereka bawa dari Indonesia dan apa tidak perlu mereka bawa.
SARANA TELEKOMUNIKASI
Telepon PSTN
Telepon Via Internet (VOIP : Mediaring, NTN)
Layanan HP GSM Yaman (Sabafon, Spacetel)
Layanan HP CDMA Yaman (Yemen Mobile)
Internet (Yemennet)
Adapun layanan HP GSM Jaringan Indonesia yang berfungsi dengan baik di Dammaj ada 2 Perusahaan yaitu Telkomsel dan Indosat (Kartu Hallo, Matrix, Simpati dan Mentari) akan tetapi sebagian besar ikhwan Indonesia di sini menggunakan kartu mentari dari Indosat di karenakan memiliki tarif yang lebih murah untuk biaya sms yaitu sebesar 1600/sms berbeda jauh dengan Simpati yang mengenakan biaya 3000/sms ke Indonesia.

PENGIRIMAN SURAT ATAU BARANG
Ma’had memiliki alamat Kotak Pos yang dapat digunakan oleh seluruh komponen Darul Hadits Dammaj untuk melakukan kegiatan surat menyurat atau pengiriman barang dari dan ke luar Darul Hadits Dammaj . Alamat tersebut adalah :
PO. BOX 90070 Sa’ada
Republic Of Yemen.
Menurut pengalaman kami, surat atau barang yang dirikirim dari Indoneisia melalui PT Pos dan Giro sampai ke Darul Hadits Dammaj dalam jangka waktu kurang dari 1 bulan, begitu juga sebaliknya. Bahkan kami pernah mengirim barang dengan jasa titipan kilat ke Indonesia dan sampai dalam waktu hanya 4 hari walaupun tarifnya sangat tinggi.

KEBUTUHAN SEHARI-HARI
Semua kebutuhan sehari-hari dengan mudah didapatkan di sini, sebagian adalah produk asli Negara Yaman, lalu ada juga yang berasal dari Indonesia, Cina dan negara-negara tetangga seperti Turki, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab., sehingga antum-antum yang hendak berangkat kesini tak perlu repot-repot membawa barang-barang tersebut dari Indonesia. Diantaranya :
Sabun Mandi : (Lux,GIV,Lifebuoy,Dove,Camay dll )
Sabun Cuci : (Rinso,Crystal,Whitecat,Wildcat,Ariel dll)
Pasta Gigi : (Ciptadent,Signal.Smile,Colgate dll)
Shampo : (Heads and Shoulders,Emeron,Sunsilk,Dove dll)

MAKANAN SEHARI-HARI
Hampir semua jenis sandang pangan kebutuhan pokok semakin mudah didapatkan di Dammaj, bahkan makanan asli Indonesia pun saat ini dengan mudah diperoleh, seperti : Kecap, Terasi, Kacang Hijau, Sambal Pedas, Bubur Mutiara, Gula Merah, Bumbu Instant,Kopi Instant dll.

ELEKTRONIK
Barang Elektronik juga tak jauh berbeda, hampir semua kebutuhan antum dapat dengan mudah didapatkan di Dammaj.
Tape Recorder : (Sony, Sanyo, Panasonic dll)
Mini Compo : (Panasonic, Sanyo)
Charger Baterai : (Energizer, MW, JEC dll)
Baterai Charger : (Sony, Panasonic, Sanyo, Energizer dll)
Handphone : (Nokia dan LG)
MP3 & MP4 Player : (Sun, Sony dll)
Jam Tangan : (Casio, Q&Q, Omax, Namora dll)
Akan tetapi khusus MP3 dan MP4 Player, sebaiknya antum membelinya di Indonesia, karena yang tersedia di Dammaj adalah merk yang kurang dikenal dengan kualitas yang tidak terlalu bagus.

ALAT TULIS
Alat tulis yang dibutuhkan seperti Pulpen (Tinta/Gel),Pensil Elektrik, Type-Ex,Stabillo dll dari berbagai macam merk (Pilot,Staedler,Rotring, dll) telah tersedia disini. Hanya saja harga buku tulis disini jauh lebih mahal dari Indonesia, karena memang yang kami lihat pada sebagian besar buku tulis yang beredar di Yaman, tertulis “Made in Indonesia”

PERALATAN TIDUR DAN PAKAIAN
Peralatan tidur yang tersedia : (Kasur, Selimut, Kelambu, Bantal dll)
Pakaian : (Kaos,sarung Tangan Tebal, Kaos kaki,Jaket dengan berbagi jenis, Topi dingin, Celana pendek, Sarung Indonesia dll)

OBAT-OBATAN
Di Dammaj terdapat sediktnya 3 toko obat yang selama ini dapat memenuhi kebutuhan santri apabila mengalami sakit atau kondisi fisik yang sedang menurun. Akan tetapi tentunya ada beberapa obat asli Indonesia yang memang tidak didapatkan disini. Akan kami sebutkan beberapa obat yang dibutuhkan disini dan juga beberapa jenis penyakit yang banyak terjadi di kalangan santri, sehingga antum-antum dapat menyiapkan obatnya apabila memiliki kelebihan rejeki.

Obat-obat yang dibutuhkan dan tidak didapatkan di Dammaj seperti Albothyl (Obat Sariawan) lalu obat-obat alami untuk melunturkan batu ginjal dikarenakan kandungan kapur pada Air di sekitar Dammaj sangat tinggi
Adapun penyakit yang paling sering menghinggapi sebagian ikhwan yaitu : Flu, Pilek, Demam, Batuk, radang Tenggorokan dan Mencret.
Bagi antum yang memiliki penyakit khusus dengan obat tertentu, maka sebaiknya membawanya dalam jumlah yang banyak sebagai persediaan pribadi.

APA YANG TIDAK ADA DI DAMMAJ
Setelah ana gambarkan secara global apa yang ada di Dammaj, maka kini ana akan sebutkan beberapa kebutuhan yang memang belum didapatkan di Dammaj.
Diantaranya :
1. Sleeping Bag (Kantung Tidur), sebagian ikhwan menganggap Sleeeping Bag sebagai kebutuhan mendasar dikarenakan Dammaj yang dalam setengah tahun mengalami musim dingin, tatapi sebagian ikhwan lainnya menganggap tidak perlu dikarenakan sudah tercukupi dengan selimut yang telah banyak tersedia di Dammaj. Ana sendiri menganggap Selimut tebal yang banyak tesedia di Dammaj lebih memadai untuk menghangatkan diri dibanding Sleeping Bag yang ana bawa dari Indonesia.
2. Pakaian Dalam, sangat susah untuk mendapatkan pakaian dalam di Dammaj terutama untuk ikhwan. Ana sarankan bagi yang mau berangkat untuk memperbayak persediaan pakaian dalam.
3. Kabel Rekam dari Tape ke Tape
4. Kaos Kaki tebal layaknya milik TNI tidak didapatkan di sini, yang ada hanya Kaos kaki biasa yang relatif tipis dan kurang memadai apabila digunakan pada saat musim dingin.
5. Tas Ransel bagi yang antum terbiasa memakainya,.

Inilah sekilas yang bisa ana gambarkan, semoga bisa mempermudah antum yang akan segera berangkat ke Darul Hadits Dammaj.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar