Selamat datang di Blog ini

Menebar Dakwah Salafiyyah, Ahlus Sunnah wal Jamma'ah

Rabu, 14 Desember 2011

Tanya-Jawab tentang Darul Hadits Dammaj

بسم الله الرحمن الرحيم
  1. Bagaimana metode pelajaran Darul Hadits Dammaj ? 
    Metode pengajaran di da’rul hadits dammaj adalah dengan cara tal’qin, yaitu sang pengajar membacakan kitab dan menerangkannya kepada santri di selingi dengan tanya jawab. dan biasanya sebelum di mulainya pelajaran di lakukan muroja’ah (mengulang pelajaran yang telah lewat) dengan cara sang pengajar bertanya kepada santri.Adapun pelajaran umum asy-syaikh Yahya bin ‘Ali al-Hajuri -semoga Alloh menjaganya- biasannya di mulai dengan anak-anak yang mendengarkan hafalannya, baik hafalan AL Qur’an,hadits atau matan matan kitab para ulama.setelah itu asy- syaikh yahya bin ali AL-Hajuri hafidhohulloh menjawab pertanyaan pertanyaan yang di ajukan lewat kertas.kemudian beliau memulai pelajaran diselingi dengan melakukan pertanya’an pertanya’an kepada santri.terkadang juga pelajaran di selingi dengan pembacaan bait bait sya’ir atau memberi fatwa-fatwa atas pertanyaan-pertanyaan dari berbagai daerah dan negara.Khusus pelajaran shohih AL-Bukhori dan AL-Jami’us shohih,di tekankan bagi santri untuk menghapal hadits yang telah di baca pada pelajaran sebelumnya secara berdiri.biasanya asy-syaikh yahya bin Ali AL-Hajuri hafidhohulloh meminta menghapal berdasarkan urutan shof,yakni dari shof terdepan sampai kebelakang,terkadang beliau juga meminta pada santri menghapal berdasarkan daerah,kabilah atau negara.
  2. Dimanakah terletak Darul Hadits Dammaj ?Darul hadits dammaj terletak di Dammaj, Provinsi Sho’dah Republik Yaman.
  3. Siapakah yang mendirikannya Darul Hadits Dammaj 
    Bermula dari dakwah oleh asy-syaikh Muqbil bin Hadi AL-Wadi’I sepulang beliau menuntut ilmu di negeri saudi arabia kurang lebih pada tahun 1400 H. diMulai dengan membangun masjid terbuat dari tanah yang di bangun oleh karib kerabatnya dan kemudian datanglah penunutut ilmu dari berbagai penjuru yaman dan juga mesir.akhirnya masjid telah ada di perluas.kemudian di bangunlah masjid baru yang lebih luas tak seberapa jauh dari masjid semula.dan pada tahun 1419 H di bangunlah masjid yang jauh lebih besar dan pada tahun 1426 H kembali di perluas sampai seperti yang terlihat sekarang. (sumber: Rohalat da’wah Asy-syaikh Muqbil,abu romzi AL-Wadi’i)
  4. Sepeninggal Asy-syaikh Muqbil bin Hadi Al Wadi’I,siapakah yang mengantikan beliau menjadi mudir Darul Hadits Dammaj ?
    Sepeninggal Asy-syaikh Muqbil bin Hadi pada hari ahad tanggal 1 jumaidil Ula 1422 H di Rumah sakit King Faishol Saudi Arabia,maka berdasarkan wasiat terakhir beliau menggantikan beliau sebagai mudir ma’had adalah Asy-syaikh yahya bin ali hafidhohulloh.
  5. Apa saja yang di ajarkan di Darul Hadits Dammaj ?
    Hampir semua cabang ilmu syar’i di ajarkan di Darul hadits Dammaj, seperti : Tauhid, AQidah, Nahwu, Lughoh, Hadits, Tafsir, Fiqih dan lain lainya.
  6. Siapa saja para pengajar di Darul Hadits Dammaj ?Pengajarnya sangat banyak, dari kalangan Masyaikh maupun mustafid, diantara para Masyaikh adalah :Asy-syaikh Jamil As-Shilwi, Asy-Syaikh Ahmad AL-Wushobi, Asy-Syaikh Zayid AL-Wushobi, Asy-Syaikh Abu Amr Al-Hajuri, Asy-Syaikh Abul Hasan ‘Ali Ar-Rozikhi, Asy-Syaikh Muhammad bin Hizam dan Para Mustafid di antaranya adalah : Abu Bilal AL-Hadromi, Abul ‘Abbas As-syihri, Hasan Bin Nur, Adnan Adz-Dzammari dan banyak lagi yang tidak dapat kami sebutkan semuanya.
  7. Bagaimana jadwal belajar mengajar di Darul Hadits Dammaj ?Sebelumnya perlu untuk di ketahui bahwa pelajaran yang ada didarul hadits dammaj terbagi 2 : pelajaran umum dan pelajaran khusus.pelajaran umum di ajarkan langsung oleh Asy-Syaikh Yahya bin Ali hafidhohulloh,adapun jadwalnya sebagai berikut :Ba’da Dhuhur : Tafsir Ibnu katsir (senin,Rabu dan Sabtu)Ba’da Dhuhur : AL-Jamius sholih Karya Asy-syaikh Muqbil bin Hadi (Selasa,Kamis,danAhad)
    Ba’da Ashar : Shohih AL-Bukhori (setiap hari)
    Ba’da Magrib : Syarah Shohih Muslim,’Umdatul Fiqh (karya ibnu qodamah), sunan sughro (Karya AL Imam baihaqi), Iqtidho shirothol mustaqiem (karya syaikhul islam ibnu taimiyah Rohimahulloh) pelajaran UMUM ini wajib di ikuti oleh seluruh santri maupun para pengajar di Darul Hadits dammaj. 
    Adapun pelajaran khusus di ajarkan para masyaikh dan para mustafid,pelajaran khusus ini tidak di wajibkan bagi setiap santri,masing masing santri bebas memilih pelajaran yang di inginkan berdasarkan kemauan dan kemampuan.
    Selain pengajar pria, Darul Hadits Dammaj memiliki pengajar dari kalangan wanita yang tidak asing lagi di kalangan salafi sedunia,di antaranya : Ummu Abdillah bintu Asy-Syaikh Muqbil,Ummu Salamah As-Salafiyah,Ummu Syu’aib AL –Wadi’iyah. dan sebagainya.
  8. Apakah disyaratkan bagi ingin menunut ilmu di Darul Hadits Dammaj harus sudah pandai bahasa Arab dan Memiliki dasar keilmuan memadai ?Tidak disyaratkan bagi ingin menuntut Ilmu di Darul Hadits Dammaj harus sudah pandai bahasa arab atau memiliki dasar ke’Ilmuan,bahkan banyak santri yang berasal dari Eropa dan Amerika datang dalam keadaan baru saja masuk islam,yang mereka tidak mampu berbahasa arab dan membaca AL Quran.
  9. Siapa saja dari kalangan Ulama yang pernah belajar di Darul Hadits Dammaj ?Susah di sebutkan satu persatu, karena hampir semua Ulama Yaman berasal dari Darul Hadits Dammaj,di antara mereka : Asy-Syaikh Muhammad abdul wahhab AL-Wushobi, Asy-Syaikh Yahya bin Ali AL-Hajuri, Asy-Syaikh Abdul Aziz Al-Buroi,ASY-Syaikh Muhammad AL imam, Asy-Syaikh abdulloh Utsman, Asy-Syaikh Muhammad As-Shumali,Asy-Syaikh Utsman As-Salimi dan banyak lagi.
  10. Darimana saja para penuntut ilmu Darul Hadits Dammaj ?Santri Darul Hadits Dammaj saat ini berasal lebih dari 50 negara,di antaranya berasal dari : Indonesia, Malaysia,India, Inggris,Amerika, Italia, Jerman, Swedia, Palestina, Mesir, Saudi Arabia,Kazakhstan, Trinidad, Somalia dan banyak Negara lainya.
  11. Berapa biaya yang di butuhkan untuk dapat belajar di Darul Hadits Dammaj ?Menuntut ilmu di Daarul Hadits Dammaj sama sekali tidak di pungut biaya,baik biaya pendaftaran,biaya makan,biaya pendidikan,biaya pemondokan dan segala jenis pungutan lainnya.
  12. Apabila saya menuntut ilmu Darul hadits Dammaj, bagaimana tinggal dan makan saya ?Alhamdulillah, Ma’had Darul Hadits Dammaj menyediakan tempat tinggal bagi para santri yang tidak mampu membeli kamar (rumah),ada 2 ruangan besar yang di peruntukan sebagai asrama.adapun makan bagi para santri di sajikan 3 kali sehari.
  13. Kapan di mulainya pendaftaran santri baru Darul Hadits Dammaj ?
    Darul Hadits Dammaj Tidak mengenal sistem masa pendaftaran,kapan saja santri datang maka insya allah akan di terima,hal ini di karenakan pelajaran terus berlangsung secara kontinyu secara berulang ulang baik oleh pengajar yang sama atau pengajar yang berbeda.tanpa ada istilah tahun ajaran atau masa pelajaran.
  14. Berapa umur minimal untuk dapat belajar di Darul Hadits Dammaj ?Tidak ada batasan umur untuk dapat belajar di Darul Hadits Dammaj,siapapun bisa datang dan belajar mulai anak anak sampai lanjut usia.akan tetapi bagi anak anak di bawah umur di haruskan adanya wali seperti orang tua,kakak,paman atau siapapun yang mampu untuk bertanggung jawab terhadap anak tersebut.
  15. Kapan santri Darul Hadits Dammaj mengalami liburan ?Tidak ada istilah libur di Darul Hadits Dammaj, terutama pelajaran umum Asy-Syaikh Yahya. Walaupun hari jum’at, bulan Ramadhan atau hari I’ed sekalipun. Pelajaran umum di liburkan ketika sholat jum’at adanya sholat jenazah. Ketika Asy-syaikh Yahya berhalangan berhalangan karena sakit atau sedang safar beliau di gantikan oleh masyaikh lainnya, dan biasanya yang mengantikan beliau adalah syaikh jamil.
  16. Berapa Lama masa pendidikan di Darul Hadits Damma ?Tidak ada istilah masa pendidikan atau masa kelulusan bagi menuntut ilmu di Darul Hadits Dammaj,selama apapun penuntut ilmu ingin belajar di Darul Hadits Dammaj maka dia di ijinkan selama bersemangat dan menjada adab adab.bahkan sebagian santri banyak yang memboyong keluarganya dengan niat hijroh dan tidak berniat kembali ke negeri asalnya.terutama santri yang berasal dari negeri negeri kafir seperti Amerika dan Eropa.
  17. Apabila saya menempuh pendidikan di Darul Hadits Dammaj,apakah saya akan mendapatkan gelar atau ijazah ?
    Tidak, antum tidak akan mendapatkan gelar atau ijazah.karena metode pendidikan di Darul Hadits Dammaj di bangun Asy-Syaikh Muqbil bin Hadi di atas metode salaf.
  18. Berapa jumlah santri Darul Hadits Dammaj saat ini ?Wallahu’Alam,menurut kabar yang kami ketahui,saat ini ada sekitar 4000 santri di tambah 2000 kepala keluarga berada di Darul Hadits Dammaj.
  19. Berapa jumlah santri indonesia di Darul Hadits Dammaj saat ini ?Jumlah santri indonesia saat ini kurang lebih 200 santri dan 17 keluarga.
  20. Apakah keberadaan santri indonesia di Darul Hadits Dammaj di ketahui pemerintah indonesia ?Tentu, sedikitnya telah dua kali bapak-bapak kedutaan Besar Republik indonesia yang berkedudukan di son’a berkunjung ke Darul Hadits Dammaj untuk melakukan dialog dan pendataan.Bahkan mereka sempat di jamu oleh Asy-Syaikh Yahya dan beliau pernah memuji pemerintah indonesia di majelis umum sebagai pemerintah yang mencintai kebaikan jadi tidak benar apabila santri indonesia di Darul Hadits Dammaj di anggap sebagai pendatang liar tanpa sepengetahuan pemerintah indonesia.
  21. Bagaimana hubungan Darul Hadits Dammaj dengan pemerintah Yaman ?
    Semenjak zaman Asy-Syaikh muqbil hingga saat ini,hubungan Darul Hadits Dammaj dengan pemerintah Yaman berjalan sangat baik.bahkan banyak dari kalangan tentara pemerintah Yaman yang juga menjadi santri Darul Hadits Yaman.
  22. Apakah boleh saya membawa keluarga ke Darul Hadits Dammaj ? 
    Silahkan,insya allah itu akan membuat antum akan semakin betah di Darul Hadits Dammaj.
  23. Apabila saya membawa keluarga,bagaimana dengan tempat tinggal dan nafkah saya ?Apabila antum tidak memiliki biaya untuk membeli rumah,maka ma’had memiliki banyak rumah da’wah yang bebas di tempati santri yang membawa keluarga.akan tetapi biasanya akan menunggu dahulu sekitar 1 atau 2 bulan sampai mendapatkan rumah yang siap di huni.untuk nafkah,ma’had insya allah memberikan santunan kepada para keluarga setiap bulannya,walaupun jumlahnya tidak terlalu besar terkadang juga ma’had membagikan tepung,minyak dan semisalnya bagi para santri yang berkeluarga. 
    Dan para santri di ijinkan mencari nafkah dengan berdagang,membuka wartel/warnet,menjadi supir,tukang bangunan dll. selama hal tersebut tidak membuat mereka sibuk dan meninggalkan pelajaran pelajaran.
  24. Apakah semua pelajaran di Darul Hadits Dammaj Di sampaikan dalam bahasa Arab ?Tidak, terkadang di buka pelajaran sesama ihkwan senegara (seperti khusus ihkwan indonesia),atau terkadang di buka pelajaran khusus orang asing dengan bahasa inggris dan biasanya pelajaran ini bagi yang belum pandai bahasa arab.
  25. Bagaimana keamanan di dammaj,karena kami dengar saat ini terjadi perang saudara ?
    Kurang tepat kalau di katakan sebagai perang suadara,yang benar adalah perang antara pemberontakan syi’ah melawan pemerintah yaman.Darul Hadits Dammaj sendiri berjalan normal seakan akan tidak ada sesuatu terjadi.dan perang sendiri di akhiri dengan gencatan senjata sekitar 2/3 bulan yang lalu.
  26. Bagaimana dengan isu terorisme yang juga menyebutkan negeri yaman sebagai salah satu negeri asal teroris ?
    Wallahu’alam,yang jelas Darul Hadits Dammaj tidak terkait sama sekali dengan terorisme,AL –Qaeda atau Usamah bin laden.ini pun sudah tercermin dari ucapan Asy-Syaikh Muqbil bin Hadi terhadap Usamah bin laden : “ (Usamah bin laden) termasuk dari orang tertipu dan terkelabui “ dan beliau juga mengucapkan “ Tidak sepantasnya mengambil’Ilmu dari Usamah bin laden atau Al Misyari….Dan juga tercermin dari sikap para da’I da’I ahlus sunnah yang pernah mengenyam pendidikan Darul Hadits Dammaj.
  27. Saya orang awam yang baru mengenal da’wah salafi,Bolehkan saya langsung berangkat ke Darul Hadits Dammaj ?Silahkan, jangan di tunda tunda.
  28. Apakah Darul Hadits Dammaj hanya di khususkan untuk orang memiliki tubuh sempurna ?Tidak,ada beberapa santri di Darul Hadits Dammaj yang memiliki semangat belajar dalam keadaan mereka buta,atau memakai kursi roda atau tongkat.
  29. Bolehkah saya melakukan ziaroh saja ke Darul Hadits Dammaj,tidak untuk tinggal dalam waktu lama menuntut ilmu ?
    Silahkan,semoga setelah antum melihat keistimewaan Darul Hadits Dammaj akan membuat anda tertarik untuk tinggal dalam waktu lama.
  30. Apakah bagi yang berkeluarga ada batasan waktu belajar di Darul Hadits Dammaj sekitar 2 tahun ?Tidak ada batasan bagi yang sudah berkeluarga,apalagi sudah ada persetujuan dari pihak keluarga,maka dia bisa tinggal lebih lama.  
  31. Bagaimana Keadaan cuaca di Dammaj ?
    Ada beberapa musim di Dammaj:
    Musim Panas : tidak terlalu panas,orang orang indonesia pun mampu tinggal di musim panasnya seimbang dengan indonesia. 
    Musim dingin : Musim dingin ini berlangsung sekitar 3 bulan,dinginnya tidak terlalu,rata rata orang indonesia mampu menghadapi musim dingin.
  32. Buah buahan apa yang ada di Dammaj ?
    Banyak buah buahan yang ada di Dammaj,yang mendominasi di Dammaj adalah anggur,delima,apel,tin dan lain lainnya.Adapun Tamr (kurma) juga banyak,akan tetapi di datangkan dari Hadromaut,Saudi Arabia dan lain lainnya.
  33. Menu setiap hari di makan thulabul ilmi ?
    Pagi hari khubz (roti) bersama idam.siang hari : nasi dengan sayuran.Malam hari : khubz (roti) bersama idam kembali khusus bulan ramadhan biasanya sebulan penuh dengan daging ayam,kambing,unta.kadang satu nampan 1 ayam / 2 ayam untuk sepuluh orang.
  34. Bisakah kita menikah dengan orang yaman ?
    Bisa juga menikah dengan wanita yaman khususnya orang orang yang mampu karena mahar penikahan di yaman cukup mahal.
  35. Bagaimana pepohonan yang ada di Dammaj ?
    Banyak pepohonan di Dammaj terdiri dari pohon Sidr (bidara),atsl ( cemara ),delima,anggur,dsb.
  36. Darimana mereka memperoleh air ?
    Karena keadaan hujan yang jarang turun,mereka biasa mengambil air dengan memakai pompa untuk menyedot air yang ada di bawah tanah selanjutnya air tersebut di gunakan untuk kebutuhan manusia-hewan serta di gunakan untuk pengairan kebun.
  37. Apakah benar bahwa Dammaj itu ilegal (tidak resmi) ?
    sebenarnya penamaan ini tidak tepat,bahkan pemerintah Yaman mengetahui Dammaj dengan sebenar benarnya karena syaikh muqbil pun masi sekabilah dengan presiden’ALI’Abdulloh Sholih.Syaikh Yahya sering di minta berkali kali oleh presiden untuk hadir di pertemuan khusus.Demikian pula pihak keamanan selalu singgah di Dammaj dan mereka di muliakan.bahkan akhir akhir ini pemerintah yaman meminta thullab Dammaj membantu pemerintah untum membasmi orang orang Syiah dan berusaha mengulingkan pemerintah Yaman.
  38. Kenapa di Dammaj tidak di beri Iqomah (ijin tinggal)?
    Sebenarnya ini permasalahan politik yang berkaitan dengan negara negara yang benci pada Dammaj,oleh karena itulah pemerintah tidak memberi Iqomah,akan tetapi pada prateknya pemerintah membolehkan tinggal di Dammaj sepuas puasnya.
  39. Keadaan penduduk Dammaj?
    Rata-rata mereka sangat memuliakan Thullab Dammaj,Terlebih lagi terhadap orang Indonesia yang memiliki ahklak yang lebih baik sehingga mereka sering mengundang makan,member buah anggur,Apel,Delima,dsb
  40. Berapa biaya yang di butuhkan untuk pergi ke Dammaj?Sekitar 1500 US$, Karena harus mengambil tiket pulang pergi ,dan tiket pulang itu bisa di ambil kembali setelah dirinya kembali ke Indonesia.
  41. Peralatan apa saja yang perlu di bawa?
    Sebenarnya tidak perlu membawa peralatan yang banyak karena semua keperluan tersebut bisa di dapatkan di Dammaj,mulai kasur,selimut,buku tulis,pena bahkan buku pelajaran relatip lebih murah di bandingkan dengan Indonesia.mungkin bagi pemula bisa membawa kamus munawir,kamus Mahmud yunus dsb yang memang tidak di dapati di sana.
  42. Apakah ada denda kalau kita tinggal di Dammaj karena tidak memilikI Iqomah ?Dulu memang ada denda,akan tetapi 5 tahun terakhir ini sudah tidak ada denda lagi,apalagi dia bisa melobi kepada orang ahli di sana.
  43. Rumah di Dammaj terbuat dari apa ?
    Rata-rata rumah di Dammaj terbuat dari tanah,namun tanah itu sendiri kekuatannya luar biasa.banyak rumah tanah yang bertingkat yang sudah ratusan tahun tapi masi berdiri kokoh,termasuk rumah syaikh muqbil yang sekarang sudah di huni oleh murid muridnya.dan sekarang sudah mulai ada rumah yang terbuat dari semen yang mengikuti perkembangan jaman.
  44. Bagaimana kalau kita sakit di sana ?
    Di Dammaj sendiri ada poliklinik yang mampu menolong penderita sakit biidznillah.Namun kalau sakitny sangat parah seperti paru paru,lepra,operasi,dsb biasanya di bawa ke sho’dah dengan tidak di pungut biaya sepeserpun.karena rumah sakit sho’dah ini adalah bantuan dari kerajaan Saudi Arabia.
  45. Apakah pemerintah Yaman membantu Thullab Darul Hadits Dammaj ?Alhamdulillah,Pemerintah Yaman sangat membantu Thullab Darul Hadits Dammaj,setiap tahun member uang kepada thullab,dan kalau mereka pulang menuju negaranya juga tidak ada denda sama sekali,tidak sebagaimana jaman sebelumnya.
  46. Apabila saya ingin berkirim surat kepada para Ulama yang ada di Darul Hadits Dammaj seperti Asy-syaikh yahya,Asy-syaikh Jamil,atau Asy-syaikh Abul hasan’Ali Ar-Ro’zikhi atau kepada teman/kerabat saya,kemana surat tersebut harus saya alamatkan ?Silahkan alamatkan ke : Der EL Hadets Dammaj,PO.BOX 90070 Sa’da Republic Of Yemen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar