Selamat datang di Blog ini

Menebar Dakwah Salafiyyah, Ahlus Sunnah wal Jamma'ah

Rabu, 14 Desember 2011

Keistimewaan Darul Hadits Dammaj

بسم الله الرحمن الرحيم
10 (Sepuluh) Keistimewaan ini kami tulis bukanlah bermaksud untuk merendahkan Ma’had Ahlu Sunnahyang lainnya, karena tentunya masing masing ma’had memiliki kelebihan yang tidak di miliki oleh ma’had lainnya.dan kami sebutkan 10 keistimewaan saja, bukan bermakna pembatasan bahwa keistimewaan Darul hadits Dammaj hanya ini saja,karena Darul Hadits Dammaj memililki banyak sekali kelebihan di banding tempat lainnya.
Dan semoga yang kami tulis ini semakin membuat bersemangat orang orang yang ingin berangkat keDarul Hadits Dammaj dan membuat yang belum memilihi niat untuk berangkat menjadi tekad untuh rihlah menuntut ilmu ke Darul Hadits Dammaj.
  1. Darul Hadits Dammaj adalah ma’had ahlus sunnah pertama dan terbesar di Yaman,Disinilah paling banyak berkumpulnya para pengajar senior dari kalangan murid Asy-syaikh Muqbil bin Hadi Al-wadii
  2. Keamanan yang insya Allah terjamin dengan sebab perlidungan kabilah Asy-syaikh Muqbil bin hadi yaitu kabilah wadi’i.
  3. Berbeda dengan ma’had lainnya di yaman,di Darul Hadits Dammaj Yaman para penuntut ilmu berkewarganegaraan asing tidak di haruskan memiliki izin tinggal sementara (Iqomah) yang di keluarkan oleh pemerintah Yaman,hal ini konon di karenakan jasa jasa Asy-syaikh Muqbil bin Hadi Al wadi’I terhadap pemerintah,adapun di Ma’had lainnya,para penunut ilmu berkewarnegaraan asing di haruskan memiliki Iqomah,yang apabila tidak ta’ati dapat menyebabkan di deportasinya penunut ilmu dari negeri Yaman.Iqomah sendiri harus diperbahurui setiap tahunnya dengan biaya antara 150-200 dolar amerika,jumlah yang cukup besar untuk penuntut ilmu.
  4. Darul Hadits Dammaj memiliki perpustakaan ahlus sunnah terbesar di Yaman,memiliki koleksi puluhan ribuan judul buku.
  5. Terdapatnya para pengajar senior dari kalangan wanita yang tidak di dapatkan di ma’had lainnya,di antara mereka : Ummu abdillah binti syaikh Muqbil bin Hadi Al’Wadi’iyah.bayangkan saja bagi antum yang datang ke Darul Hadits Dammaj dengan membawa istri atau saudara perempuan,maka mereka akan mendapatkan keutamaan duduk langsung di hadapan para Ulama wanita.
  6. Posisi Darul Hadits Dammaj yang jauh dari kota sangat mendukung bagi para penuntut ilmu untuk berkonsentrasi dalam belajar dan menghapal,berbeda dengan ma’had yang ada di daerah sekitar kota,terkadang menjadi fitnah bagi para penuntut ilmu untuk melakukan jalan jalan atau rekreasi.
  7. Adanya pertemuan para Ulama Yaman yang rutin di adakan insya allah setiap tahun.pada saat itu kita dapat melihat dan mengambil faedah langsung dari para Ulama ulama besar di yaman,seperti : Asy-syaikh Muhammad bin Abdul wahhab AL –Wushobi,Asy-syaikh Muhammad AL-imam,Asy-syaikh’Abdul Aziz AL-buroi dan yang lainnya.
  8. Tidak di pungutnya biaya sama sekali dari para penuntut ilmu,baik dalam bentuk uang makan,uang pendidikan dan uang pemondokan.
  9. Insya allah ma’had selalu menyediakan makanan bagi para penuntut ilmu,sehingga para penuntut ilmu tidak perlu lagi sibuk mencari nafkah.
  10. Keindahan alam Dammaj yang merupakan perpaduan kehijauan kebun kebun anggur dan gandum dengan batu-batuan cadas,pemandangan yang tidak terdapat di negeri kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar