Selamat datang di Blog ini

Menebar Dakwah Salafiyyah, Ahlus Sunnah wal Jamma'ah

Senin, 11 Februari 2013

Hukum File Foto di HP

س: ما حكم من يحتفظون بالصور التذكارية سواء في جوالهم سواء في
 أجهزة الحاسب أو غير ذلك والصور كما سألته لم تكن صور نساء إنما هي صور لمن يُحبهم من زملائه أو صور لبعض المشايخ الذين يُحبهم؟.
Pertanyaan:
Apa hukum orang yang menyimpan foto kenangan baik di HP, komputer dll? Foto yang dimaksudkan dalam pertanyaan bukanlah foto wanita hanya foto kawan sesama laki laki atau ulama yang disukai oleh orang tersebut.


ج: بالنسبة للصور أرجو إذا كانت بهذه الصورة التي ذكر السائل صور بعض محبيه من أهل العلم أو أصدقاءه الذين لا يجتمع معهم على شر فأرجوا أنه لا حرج في ذلك
Jawaban Syaikh Shalih al Luhaidan:
Jika foto yang ditanyakan adalah foto ulama atau kawan laki laki yang disukai dan tidak hubungan terlarang antara dirinya dengan orang tersebut maka aku berharap hukumnya tidak mengapa.
 وإن كانت ليست من الأمور التي يُحمد على حملها وفعلها والبلية السيئة من يحتفظ بالصور الخليعات المُومسات في جواله حتى كل ما نظر صار ينظر في معصية الله والعياذ بالله،
Akan tetapi jika foto tersebut adalah foto yang tidak terpuji untuk disimpan atau dipotret tentu saja terlarang. Adalah bencana buruk jika seorang yang menyimpan foto wanita yang buka bukaan di HP-nya sehingga semua orang yang melihat nya bermaksiat kepada Allah.
فأرجوا أنه لا حرج على الأول،
Intinya foto kenangan jenis pertama hukumnya moga tidak mengapa.
وأسأل الله يوفق كل من كانوا في الصفة الثانية أن يتوبوا إلى الله جلَّ وعلا و يتخلصوا من الصور المقيتة
Seiring doa untuk orang yang menyimpan foto jenis kedua agar bertaubat kepada Allah dan menghapus gambar gambar terlarang.
Sumber:
http://lohaidan.af.org.sa/node/216
http://ustadzaris.com/hukum-foto-di-hp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar